Friday , July 10 2020
Home / Ciri-ciri SMP Santa Maria Kabanjahe

Ciri-ciri SMP Santa Maria Kabanjahe

SMP Santa Maria Kabanjahe membudayakan semangat cinta kasih, persaudaraan, dan kesederhanaan serta suasana sekolah yang dialogis dan ramah anak dalam seluruh proses pembelajaran. Budaya itu pertama-tama dihayati para guru, yang memiliki hati dan komitmen untuk melayani kebutuhan setiap peserta didiknya (satu per satu) dengan baik dan maksimal, tidak terkecuali anak-anak yang mengalami kesulitan dalam belajar.

SMP Santa Maria Kabanjahe mengedepankan suasana dan iklim pluralisme. Melalui iklim ini, setiap warga sekolah saling menerima dan menghormati perbedaan, terutama perbedaan suku, ras, dan agama. Disekolah-sekolah ini, setiap pribadi anak dihargai sebagai manusia yang bermartabat.

SMP Santa Maria Kabanjahe mengedepankan keunggulan akademik atas prestasi belajar yang tinggi. Sekolah sangat menekankan cara yang jujur dan benar untuk mencapai hasil yang baik. Maka, kejujuran dan integritas sangat ditekankan di sekolah-sekolah kami.

SMP Santa Maria Kabanjahe selalu berhasil mengantar anak-anak didiknya ke perguruan tinggi favorit, baik negeri maupun swasta, baik didalam negeri maupun di luar negeri. Hal itu karena anak-anak didik telah dilatih dan dibentuk untuk memiliki keterampilan belajar bad 21, yaitu keterampilan berpikir tinggi dan kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan berkarakter.

SMP Santa Maria Kabanjahe menggunakan pendekatan sistem pembelajaran computational thingking, yang berorientasi dan berbasis digital serta menekankan kreatinitas, inovasi dan problem solving.

SMP Santa Maria Kabanjahe selalu mengedepankan agar tata kelola dan kepemimpinan kepala sekolah dan guru guru berakar pada integritas, etos kerja yang tinggi, dedikasi, serta semangat gotong-royong seraya menguasai prinsip-prinsip manajerial yang akuntable, transparan, dan efektif.

SMP Santa Maria Kabanjahe dikelola dan dipimpin oleh kepala sekolah yang memiliki hati dan karisma tersendiri karena dipimpin oleh para suster SFD yang memiliki semangat, persaudaraan, dan kedinaan, kerendahan hati, serta kesederhanaan.

SMP Santa Maria Kabanjahe memiliki konsep pendidikan yang holistik dan integral sebab sekolah dan asrama menjadi satu, yang memungkinkan terjadinya pendekatan pendidikan yang holistik dan integral itu: keseimbangan perkembangan fisik, intelektual, emosional, moral, dan spiritual dijaga dan dipelihara.

SMP Santa Maria Kabanjahe merawat dan memelihara suasana persaudaraan dan demokrasi dengan cara mendorong dan menghargai keanekaragaman pendapat dari peserta didik dan warga sekolah.

SMP Santa Maria Kabanjahe mengedepankan keunggulan dalam sarana-prasarana yang berkualitas, yang memungkinkan anak-anak dan warga sekolah bebas dan kreatif menggunakannya demi memaksimalkan seluruh potensi, bakat, dan minta mereka. Salah satunya adalah tercukupinya sarana-prasarana untuk kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler.

SMP Santa Maria Kabanjahe terus-menerus membangun komunikasi dan komitmen dengan orang tua, pengawas, dinas, pemerintah, mitra kerja dalam dunia usaha demi meningkatkan kualitas dan keunggulan akademik dan nonakademik, secara khusus penguatan pendidikan karakter ke-SFD-an dan pertumbuhan budi pekerti.

SMP Santa Maria Kabanjahe mengedepankan paradigma pedagogi ke-SFD-an, yang berfokus pada pengembangan pribadi peserta didik secara utuh dengan prinsip-prinsip aksi-refleksi berdasarkan nilai nilai ke-SFD-an.