Thursday , October 22 2020
Home / News / Siswa SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe Memperoleh Juara Harapan 2 dan 3 Kegiatan Olimpiade Sejarah Se-Sumatera Utara

Siswa SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe Memperoleh Juara Harapan 2 dan 3 Kegiatan Olimpiade Sejarah Se-Sumatera Utara

(Foto bersama peserta Olimpiade dengan guru pendamping Bapak Danial Ginting serta Kepala SMP Santa Maria Kabanjahe, Bapak Guido Haga Sigiro, S.Pd )

Sabtu, 22 September 2018 diadakan Olimpiade Sejarah tingkat SMP se-Sumatera Utara yang bertemakan “ Mewujudkan Generasi Muda Sadar Sejarah lewat Pemahaman Sejarah Nasional dan Lokal.” Olimpiade tersebut diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Sejarah yang bertempat di Fakultas Ilmu Sosial UNIMED Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate  Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Sekolah terbaik se-Sumatera Utara serta siswa-siswi terbaik yang menjadi peserta pada kegiatan itu . Adapun latar belakang dan tujuan kegiatan ini ialah untuk pengembangan pengetahuan sejarah nasional dan lokal Sumatera Utara serta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa menjelaskan sejarah lokal Sumatera Utara maupun sejarah lokal kabupaten/kota di daerah asal siswa.

SMP swasta Santa Maria Kabanjahe ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut dengan mengutus 6 (enam ) orang siswa yang telah mengikuti tahap seleksi  berupa tes kompetensi dan pemaparan materi secara lisan sehingga terpilihlah siswa-siswi terbaik kelas VII, VIII, dan IX sesuai denga kriteria yang diharapkan oleh guru pembimbing mata pelajaran IPS. Keenam siswa tersebut yaitu Ema Githa Dianti, Axel Ezekiel Tarigan, Angga Peuliken Ginting, Hanna Kristiani Br Sinaga, Indry Agatha Br Girsang dan Yuda Primsa Sitepu. Mereka mendapatkan bimbingan secara intensif dari guru mata pelajaran IPS dengan membahas soal-soal sesuai dengan kisi-kisi yang telah diberikan oleh panitia. Tak mengenal letih dan pantang menyerah mereka mengasah pengetahuan serta berlatih secara terus menerus sesuai dengan nilai-nilai Karakter SFD (Semangat, Fraternitas dan Dina ) yang menjadi budaya di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe. “Tidak ada Hasil yang Maksimal tanpa Kerja Keras dan Pengorbanan”, seperti itulah kata yang sering terucap dari Bapak Danial Ginting selaku guru mata pelajaran IPS sebagai penyemangat dan motivasi kepada siswa.

 Berdasarkan  informasi yang diperoleh, babak penyisihan peserta mengikuti tes pengetahuan sejarah umum berupa  Multiple Choice dengan tema“ Peristiwa Masuknya Jepang Sampai Dengan Periode Pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia 1942-1949.” Sehingga siswa yang terpilih yaitu 20 peserta terbaik berhak melanjutkan ke tahap Grand Final berupa tes wawancara/tanya jawab pengetahuan sejarah lokal Sumatera Utara maupun sejarah lokal kabupaten/kota di daerah asal. Pada tahap Grand Final menghasilkan 6 finalis terbaik yang  berhak mengikuti babak final, dua diantaranya merupakan  perwakilan dari SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe yang bernama Hanna Kristiani Br Sinaga dan Axel Ezekiel Tarigan.

Pada babak final kegiatan yang dilombakan berupa presentasi lisan oleh finalis terpilih dengan topik sejarah lokal baik sejarah Sumatera Utara maupun daerah asal peserta ( tugu, monument, situs, dan tempat bersejarah ) yang berhubungan dengan tema yang telah ditentukan. Akhirnya usaha dan kerja keras  siswa SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe menuai hasil yang positif karena mampu memperoleh juara harapan 5 atas nama Hanna Kristiani Br Sinaga dan juara harapan 6 atas nama Axel Ezekiel Tarigan, keduanya berhak mendapatkan piala beserta dengan uang pembinaan. Piala diserahkan oleh panitia pelaksana kegiatan yang disaksikan kepala SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe yaitu bapak Guido Haga Sigiro, S.Pd yang ikut setia dari pagi hingga selesainya kegiatan mendampingi serta memberikan dukungan moril kepada siswa peserta olimpiade.

Dengan bangga dan kerendah hati kedua siswa SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe menerima piala tersebut serta tidak ketinggalan bapak Danial Ginting, S.Pd selaku guru pendamping juga mendapatkan sertifikat penghargaan sebagai tanda pendampingan dan bimbingan kepada siswa. Tepat pukul 18.00 WIB siswa/i, guru pendamping beserta kepala sekolah bergegas berangkat kembali ke kota Kabanjahe dengan membawa kemenangan dan telah mengharumkan nama SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe. “Salam SFD” (SG)

Facebook Comments

About G1

Check Also

Belajar Daring Minggu 6

1 Facebook Comments 1

UTS (Kls. 7 & 8) – US (Kls. 9)

1 Facebook Comments 1

One comment

  1. ?? niceee…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *